Pada artikel ini tempat Jual Alat Lab Teknik Sipil akan mengshare mengenai seputar beton. Perlu Anda ketahui bahwa beton sangat berkaitan dengan objek dari alat laboratorium teknik sipil, yang mana nantinya diharapkan setelah Anda mengetahui tentang mcam-macam beton bisa dengan baik dalam menggunakan alat lab teknik sipilnya.

Beton merupakan sebuah bahan bangunan yang terbuat dari suatu campuran antara bahan pengikat dan agregat. Beton banyak digunakan atau dipilih karena memang mempunyai kekuatan yang sangat kokoh, bertekstur halus dan permukaannya rata. Jika dibandingkan dengan kekuatan yang sama, maka biaya untuk pembuatan sebuah konstruksi beton jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan menggunakan konstruksi baja dan besi.

Jenis – Jenis Beton

  • Beton Ringan

Pertama yaitu beton ringan, beton ringan dibuat dengan menggunakan agregat yang berbobot sangat ringan. Namun terkadang ada orang yang kerap menambahkan suatu zat aditif yang dapat membentuk sebuah gelembung udara yang ada di dalam beton tersebut. Dengan banyaknya jumlah gelembung udara pada beton tersebut maka pori-pori pun akan bertambanh besar. Kemudian hasil dari beton ini lebih ringan dari pada jenis beton yang lainnya.

  • Beton Non-Pasir

Kedua yang dapat di sahre oleh tempat Jual Alat Lab Teknik Sipil yaitu jenis beton non-pasir atau suka disebut hampa karena dalam proses pembuatannya dilakukan suatu penyedotan air pengencer adukan beton yang mengguankan sebuah alat vacum khusus. Sehingga beton tersebut hanya mengandung air yang sudah bereaksi dengan semen saja dan akibatnya dapat memiliki sebuah kekuatan yang tinggi. Beton jenis ini banyak digunakan  dalam pendirian suatu bangunan pencakar langit.

  • Beton Mortar

Selanjutnya yaitu beton montar yang mana beton ini terdiri dari campuran batu kapur, semen dan pasir. Beton jenis ini mempunayi kekuatan daktilitas dan tarik yang sanagt baik. Beton mortar ini sering dipakai untuk melekatkan sebuah benda seperti batu atau bata dengan tujuan supaya dapat menyatu.

  • Beton Pra-Cetak

Beton pra-cetak ini yaitu beton yang dibuat di luar area proyek pembangunan yang sedang dikerjakan. Pembuatan ini didasari karena sempitnya lokasi proyek pembangunan. Tujuan dari pembuatan ini supaya kualitas betonnya jauh lebih baik. Beton jenis ini biasanya diproduksi oleh perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan material dan pembangunan.

  • Beton Bertulang

Jenis beton berikutnya yaitu beton bertulang, beton ini terbuat dari perpaduan tulangan baja dan adukan beton. Tulangan baja sebenarnya sengaja ditanamkan ke dalamnya suapaya kekuatan pada beton tersebut gaya tariknya semakin meningkat. Beton ini biasanya dipasang pada sebuah struktur dengan bentang yang lebar seperti kolom bangunan, pelat lantai, jembatan, jalan dan lain sebagainya.

  • Beton Serat

Beton serat ini dibuat dengan menambahkan berbagai serat tertentu ke dalam adukan beton tersebut, seperti plastik, kawat baja, asbestos dan lain sebagainya. Tujuan Penambahan ini suapaya tidak mudah mengalami keretakan pada beton tersbut.

  • Beton Massa

Selanjutnya yang dapat di sahre oleh tempat Jual Alat Lab Teknik Sipil yaitu beton massa. Beton jenis ini sengaja dibuat dalam jumlah yang banyak. Kebutuhan penuangan beton ini juga diatas rata-rata. Kemudian perbandingan antara luas dan volume permukaannya juga sangat tinggi. Jenis beton ini suka diaplikasikan pada pembuatan pilar bangunan, bendungan dan pondasi besar.

  • Beton Pra-Tegang

Jenis beton ini pada proses dasar pembuatannya mirip dengan jenis beton bertulang. Hanya saja perbedaannya yaitu terletak pada tulangan baja yang akan dimasukkan ke dalam beton harus ditegangkan dahulu. Dengan tujuan agara beton tidak mengalami sebuah keretakan walaupun itu  menahan beban lenturan yang sangat besar.

Demikian itulah yang dapat share oleh tempat Jual Alat Lab Teknik Sipil mengenai beberapa macam jenis beton yang suka digunakan dalam sebuah proyek pembangunan.